Thursday 25 May 2023

Pertama Kali Perpanjang SIM Di Mobil Keliling

 

Sejak memiliki SIM baru pertama kali ini aku melakukan perpanjangan SIM di mobil keliling biasanya aku melakukan perpanjangan di Polrestabes Palembang langsung atau di counter yang ada di Mall, tetapi hari ini berniat untuk mencoba perpanjangan di mobil SIM keliling.

Setelah bertanya di teman yang sudah terlebih dahulu melakukan perpanjangan SIM ternyata yang di butuhkan hanya 2 lembar fotocopy KTP dan 2 lembat fotocopy SIM dan SIM aslinya. Pada pukul 07:30 aku sudah standby di lokasi SIM keliling tetapi ternyata setelah bertanya dengan tukang parkir di sana bahwa mobil sim keliling nya baru datang pada pukul 08:30, akhirnya akupun menunggun hampir 1 jam untungnya ada teman ngobrol sesama peserta perpanjangan sim.

Saat mobil sim keliling tiba akhirnya petugaspun membagikan formulir yang di jelaskan sebelumnya di mobil SIM keliling ini hanya untuk SIM yang berlokasi di kota Palembang, saat pengurusan ini 3 s/d 4 hari dari tanggal berakhir, karena jika sim yang berakhir di bulan Juni otomatis akan di tolak karena data di komputer di mobil sim keliling tersebut tidak akan keluar, dan petugas akan mengarahkan langsung untuk perpanjangan SIM di Polrestabes Palembang.Karena ada beberapa peserta yang mengalami kejadian seperti itu seperti perpanjangan sim dari luar kota Palembang, atau jangka waktu mati SIM di bulan Juni sehingga masih di anggap panjang.

Setelah formulir di bagikan maka kita harus ini, hampir lupa satu lagi yang harus di bawa adalah pena, tapi jangan khawatir kalu lupa membawa pena atau lupa memfotocopy berkas tidak jauh dari mobil SIM keliling tersebut tersedia, begitu juga banyak penjual jajanan baik makanan atupun minuman jadi tidak usah khawatir.

Setelah melakukan pengisian formulir akhirnya formulir tersebut di serahkan ke bagian kesehatan dengan biaya 50 ribu, sama seperti di kantor Polrestabes cek yang dilakukan adalah mengenai buta warna dan membaca huruf-huruf, tidak lama setelah itu kamipun harus menunggu kembali karena saat ini ada sekitar 30 orang yang melakukan perpanjangan sim itupun adapula yang datang selama kegiatan berlangsung.

Akhirnya akupun di panggil untuk melakukan foto sim, selain foto juga di lakukan tanda tangan dan sidik jari, akupun membayar 75 ribu Rupiah karena saat ini aku melakukan perpanjangan sim C untuk mengendarai motor, karena sima A sendiri sudah ku perpanjang pada tahun yang lalu.

ternyata dari pukul 08:30 sim yang kuperpanjang bisa ku terima pada pukul 10:00 wib lumayan cepat jika di bandingkan di Polrestabes Palembang karena lebih ramai di banding dengan mobil SIM keliling, dan untuk biaya sama yaitu kesehatan 50 ribu dan perpanjangan sim C 75 ribu jadi totalnya 125 ribu.

Untuk kedepannya tempat ini menjadi alternatif pilihan untuk perpanjangan SIM selain  cepat juga memiliki suasana yang santai. 

No comments:

Post a Comment