Tuesday 4 January 2022

Gagal Isi Token & Penggantian Meteran Listrik

"Sering kejadian ini pak, kendala di listrik prabayar ya... seperti ini" jelas petugas PLN sambil membongkar meteran listrik di rumahku untuk di ganti yang baru karena kendala yang terjadi beberapa hari yang lalu.

Biasanya aku melakukan pembelian token menggunakan layanan Linkaja, tapi kebetulan sudah install PLN Mobile akupun melakukan pemembelian token tersebut melalui PLN Mobile tersebut, kelebiahn pembelian melalui PLN mobile ini biaya admin yang di tawarkan lebih murah, jika di Linkaja di kenakan 2.500 Rupiah pertransaksi sedangkan di PLN Mobile ini di kenakan  hanya sebesar 550 Rupiah saja, lumayan murah kan.

Awal Tahun akhirnya transaksi kulalukan di PLN Mobile, kode token untuk nilai 100 ribu ada di tanganku dengan nilai 63 Kwh, tapi pada saat ku input kedalam meteran listrik ada notifikasi gagal setelah memencet tombol enter, dan itu tidak hanya 1 kali sudah 3 kali ku lakukan masih tulisan gagal juga yang muncul. 

Akhirnya akupun melakukan pelaporan via email ke pln123@pln.co.id pada pukul 10:36 berharap bisa cepat di respon, tetapi baru pada malam harinya email ini di respon pihak PLN. Sehingga pada tanggal 2 Januari 2022 sebelum magrib, akupun melakukan pengisian kembali token PLN sebesar 20 ribu via Linkaja karena Kwh yang tertera di meteranku tersisa 9 kwh saja, entah apakah cukup atau tidak untuk malam ini, tetapi ternyata sama seperti kasus pertama saat aku input nomor tokennya yang keluar justru tulisan gagal padahal saat input nomornya tokennya sudah sangat hati-hati sekali.

Akhirnya akupun melakuan live chat dengan petugas PLN, dengan bertanya tentang beberapa hal akhirnya nya akupun di berikan nomor bukti pengaduan untuk di tidaklajuti oleh pihak PLN terdekat dalam hal ini PLN ULP Sukarami. Malam harinya ada ada telpon yang ternyata petugas PLN ULP Sukarami yang akan memberikan kode verifikasi atas token tersebut,  tapi karena ada acara tahlilan akhirnya aku membuat janji dengan petugas tersebut akan menelpon dia saat sudah kembali ke rumah.

Pukul 22:00 kamipun tidak di rumah setelah  acara tahlilan, aku langsung menelpon petugas tersebut, petugas tersebut langsung mengarahkan kode-kode mirip seperti token yang harus di input di dalam meteran, ada 4 baris kode yang masing-masing baris berisi 20 angka. Baris pertama benar, ke dua benar , begitu juga yang ke 3 dan ke empat ada tulisan benar, sehingga petugas sersebut menyuruh memasukan kode token yang sudah saya beli, nomor token yang terakhir saya beli dengan nilai 20 ribu sukses di input, tetapi token dengan nilai 100 ribu justru mengeluarkan tulisan usang, saat di cek di PLN mobile notifikasi atas token itu berubah menjadi kadaluarsa. Akhirnya petugas tersebut menjelaskan kalau saya di minta ke kantor PLN ULP Sukarami saja untuk dapat melakukan pengurusan atas token yang usang tersebut.

Ke esokan harinya akupun meluncur ke kantor PLN ULP Sukarami, dan menceritakan masalahnya ke security di bagian depan akhirnya beliau masuk dengan keluar dengan selambar kertas yang berisi angka-angka seperti token 4 baris 20 angka masing-masing barisnya, akupun di minta untuk menginput ulang kembali dan menginput nomor token yang sudah di beli beberapa hari yang lalu, sama seperti semalam pikirku dalam hari, semoga tidak ada kendala lagi.

Tetapi semua di luar ekspetasi ku kode yang ku input ini ternyata juga gagal terus dan tidak satupun yang berhasil, akupun melakukan chat dengan nomor WA PLN ULP Sukarami mengenai hal ini, tapi sampai keesokan harinya belum ada jawaban sama sekali.

Hari ini tanggal 4 Januari 2022 akupun meluncur kembali ke kantor PLN PLP  Sukarami sambil membawa lembaran kertas yang gagal input kemarin, saat aku melihat ke hp ku ada pihak  PLN PLP  Sukarami, saat ku telpon ulang ternyata beliau akan konfirmasi kalau meteran listrik yang ada di rumah  ku bakal di ganti dengan yang baru dengan alasan error yang ada di meterannya.

Akupun akhirnya kembali ke rumah setelah izin tidak masuk kerja terlebih dahulu, lumayan lama petugas tersebut datang sekitar pukul 11:45 beliau baru datang, pekerjaannya cepat dan rapi, tapi untuk penggantian tokennya sendiri masih harus menunggu 1,5 jam karena alasan adminya lagi makan siang.Masalah meteran listrik dan tokenya pun sudah selesaia semoga tidak ada lagi kendala di kemudian harinya.

No comments:

Post a Comment