Tuesday 21 February 2023

KTP Digital

Hari ini motor ku arahkan ke kantor Disdukcapil Kecamatan Alang-Alang Lebar, memang sudah berencana dari beberapa hari yang lalu ingin ke sini untuk membuat KTP Digital, seperti yang ku lihat di media sosial ternyata tidak terlalu sulit untuk membuat nya.

Awalnya aku melihat ini saat membuka rekning di bank BCA, ternyata bagaimana pengaplikasian KTP elektronik memang di terapkan di sini, dengan menggunakan alat khusus data di KTP Bisa langsung terekam tanpa perlu fotocopy KTP seperti kejadian di instansi lainnya.

Dari situlah akhirnya aku download aplikasi Identitas Kependudukan Digital di play store, hanya melakukan pengisian NIK, No HP dan email serta melakukan foto selfie, dan selanjutnya ada barcode yang harus scan melalui petugas disdukcapil dan hal inilah yang mengharuskan kita untuk mendatangi kantor disdukcapil setempat.

Setelah selesai maka kita akan mendapatkan kode verifikasi yang akan di kirimkan melalui emaik kita, dan setelah di klik kita juga harus memasukan kode yang berfungsi sebagai password/pin untuk membuka aplikasi tersebut, dan jika sudah selesai dan melakukan penggantian pin maka KTP Digital kita pun sudah selesai.... semudah itu ...iya semudah itu.

Pembuatan KTP Digital ini tidak hanya berkaitan dengan KTP saja tapi nanti juga terintegrasi dengan data-data lainya, seperti data keluarga kita dalam 1 KK, Kartu Pemilih, Sertivikat Vaksin Covid dari Kementerian Kesehatan, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, mungkin ke depannya akan terintegrasi dengan dokumen penting lainnya.

Tapi perlu di persiapkan untuk jaringan internet kita harus juga mempunyai kuota sendiri karena dari pihak disdukcapil juga menyiapkan jaringan internet yang bisa di pakai oleh masyarakat yang ingin membuat KTP Digital tetapi karena kebanyakan jaringan itu akan menjadi lemot dan berpengaruh terhadap konektivitas data.

Selamat tinggal foto copy KTP.

No comments:

Post a Comment