Saturday 19 September 2020

Masjid Tak Berdinding Itu Di Sebut Masjid Seribu Tiang

Tiang tiang yang menghiasi masjid seribu tiang, Jambi

Azan sudah berkumandang dari majid di kota ini , kamipun bergegas meninggalkan keelokan gentala arasy tujuan kami berikutnya adalah ke masjid Agung Al-Falah atau yang lebih di kenal dengan masjid seribu tiang, kamipun harus memutar balik kembali kendaraan, walau adiku sempat tinggal di kota Jambi karena pekerjaan tetapi karena sudah cukup lama ternyata banyak rute jalan yang sudah terlupa.

Dengan berbekal GPS di android maka kamipun berhasil memasuki kawasan masjid ini, masjid yang di klaim sebagai masjid terbesar di kota ini ternyata minim penerangan lampu terutama di area parkiran, sehingga kita agak sedikit gelap-gelapan.

Kamipun segera menuju ke tempat wudhu yang cukup luas, karena kami sudah tidak bisa ikut berjamaan lagi karena saat tiba sholat jemaah nya sudah selesai tetapi untuk masih ada orang lain yang mengadakan sholat berjamaan sehingga bisa mengikut di sana.

Jika tidak ada bahu untuk bersandar masih ada tiang untuk bersandar .... di sini banyak


Setelah berdoa dan berwirid  kamipun melepas penat sebentar di dalam masjid ini sambil menunggu waktu sholat Isya yang memang tidak akan lama lagi datang. Rasa penasaran yang terselip di hati mengenai jumlah tiang masjid ini menggerakan jari tangan ku untuk menghitung berapa banyak sebenarnya tiang di dalam masjid ini.

Kakak dan adik ku hanya tersenyum melihat kerjaan ku, ternyata setelah ku hitung jumlah tiangnya tidak sampai 300 buah atau tepatnya hanya 288 buah saja, tetapi justru masjid yang minim dinding ini menjadikan tempat yang lumayan adem untuk istriahat sambil bersandar di tiang......hahaha.

Denagn tiang di bagian luar berwarna putih sedangkan di tiang bagian dalam di lapisi dengan tembaga yang membuat tampak lebih artistik dan megah, azan isya tak lama pun berkumandang dan kamipun melebur menjadi bagian jemaah sholat berjamah di masjid ini. Masjid tak berdinding dengan banyak tiang membuat suasana menjadi nyaman tanpa perlu ada pendingin udara.

Ruangan dekat mimbar masjid

No comments:

Post a Comment