Monday 19 August 2013

Liburan Kepulau Bangka #Part 4, 8 Jam Menuju Ke Palembang

19 Agustus 2013 (Hari ke-5)
Hampir satu minggu kami di pulau ini, dari pantai sampai makanan khas sudah kami coba, tetapi jujur saja waktu satu minggu belum apa-apa masih banyak destinasi yang belum kami kunjungi di pulau timah ini.

Pukul 6:30 kamipun sudah bersiap untuk meninggalkan kelapa, mobil rental yang sama yang akan mengantar kami ke pelabuhan tanjung kalian yang akan di tempuh kurang lebih 1,5 jam, rencana kami kapal pukul 8 atau pukul 9 yang akan menjadi transportasi kami ke Palembang.

Mobil pun melaju melibas setiap kilometer aspal yang ada, dengan panorama kebun sawit dan tanaman lada, terus melaju deras ke arah Muntok, setelah 1 jam berlalu akhirnya kamipun sampai juga, makcik dan wacik  langsung mencari informasi mengenai kapal, setelah ok, akupun membeli ticket untuk kami.
Makcik & Wakcik
Kapal ini rencanaya akan berangkat pada pukul 9 meninggalkan pelabuhan Tanjung Kalian dengan segala ceritanya, kapal berlayar membelah ombak laut, gelombang cukup tenang mungkin sekitar pukul 6 atau pukul  7 malam kapal ini akan sandar di pelabuhan ferry 35 Ilir.

Sama seperti saat pergi, kapal yang juga di lengkapi tempat tidur ini menjadi nyaman terutama bagi adek, kakak dan ayuk pun yang sudah kelelahan tidak pelak lagi juga langsung membaringkan diri di kasur kapal ini.

Lampu dari pabrik PT. Pusri
Lampu-lampu di pelabuhan Boom Baru
Kapal terus melaju, saat memasuki perairan sungai musi, jam tanganku menunjukan pukul 7 malam, ku ajak ayuk dan kakak untuk duduk di luar bersandar pada dinding kapal, tampak lampu-lampu yang menyala berwarna warni di pinggiran sungai musi, PT.Pusri, Boom Baru dan perkampungan penduduk pun kami lewati. Tak lama berselang setelah melewati jembatan Ampera dan BKB  kamipun memasuki pelabuhan 35 Ilir, yang berarti menyudahi jurnal untuk perjalanan kali ini.

Route perjalanan kapal ferry dari pelabuhan Tanjung kalian ke pelabuhan 35 ilir tangga buntung