Tuesday 26 January 2021

Perjalanan Garansi Si Hardisk Seagate Expansion

hardisk yang di ganti oleh pihak seagate dengan sticker MFI (Made For Indonesia)

Siapa yang tidak kesal, saat tau-tau hardisk yang banyak berisi data dan juga foto-foto hancur seketika, entah apa masalahnya sehingga menyebabkan hardisk yang banyak dokumen berharga di dalamnya bisa mati dengan sendirinya. Hardisk dengan ukuran 2 tera tersebut sudah tidak bisa di buka lagi, hilang semua, serasa mendapatkan sambaran petir di awal tahun dengan kejadian ini.

Rasanya belum lama aku membeli hardisk ini di salah satu toko computer di kawasan dempo dalam  di kota ini, awal September 2019 karena sebelumnya aku juga pernah beli di sana hardisk external dengan ukuran 500 Gigabyte pada tahun 2013 di tempat yang sama dan sampai saat ini hardisk tersebut masih sehat wal afiat saja.

Jujur saja saat hardisk tersebut tidak bisa di baca oleh laptop ku aku menjadi panik, betapa tidak data-data penting dari tahun yang lampau saat pertama kali aku bekerja juga raib tidak bersisa, aku hanya memperhatikan hardisk tersebut yang hanya menjadi onggokan plastik saat ini. 

Cek terlebih dahulu masa garansinya

Saat melakukan cek garansi

"garansinya sudah habis lagi" guma ku dalam hati saat melihat nota pembelian dari tempat ku membeli hardisk tersebut,  karena di sana hanya tercantum untuk jangka waktu 1 tahun garansi, karena ini baru pertama kali aku mengalami kerusakan hardisk, rasa penasaran terus meliputi di diri ini dan setelah bertanaya ke kiri dan kanan tapi sepertinya tidak ada solusi untuk hardik ku ini.

Beberapa hari kemudian akupun membaca artikel tentang penggantian seagate expansion kepada salah seorang yang melakukan pengembalian hardisknya yang rusak, kutelusuri dan kubaca pelan-pelan, akhirnya ku putuskan untuk mengikuti caranya.

Awal sekali yang ku cek adalah tentang garansi hardisk yang ku beli apakah memang sudah habis atau masih berlaku langsung ku telusuri https://www.seagate.com/id/id/support/warranty-and-replacements/  dan kuidapatkan ternyata garansi atas hardisku masih panjang yaitu berakhir di Agustus 2022. Akupun seperti mendapat kejutaan akhirnya kulanjutkan langkah ke dua yaitu melakukan registrasi di laman tersebut.

Setelah regestrasi kulakukan akhirnya kita di arahkan untuk membuat RMA (Return Material Authorization) atas hardisk eksternal yang akan kita kembalikan, harus di ingat bahwa di sini model dan nomor serial number harus sama antara barang yang di kirim dan data yang di input jika tidak pengembalian tidak akan di setujui.

Pengiriman hardisk eksternal yang rusak sesuai alamat yang di tentukan dalam RMA

Jika RMA sudah oke maka langkah terakhir yang harus kita lakukan adalah mengirimkan hardisk eksternal yang rusak tersebut, ingat hanya hardisknya saja tidak perlu dengan kotak atau pun kabel nya, kemasan harus rapi harus di bungkus dengan bublewarp atau menggunakan busa, di mana bagai mana tatacara pengiriman juga sudah di jelaskan di RMA.

Aku sendiri di suruh mengirimkan hardisk eksternal yang rusak tersebut ke Mitra care cempaka mas, setelah ku packing dengan bagus akhirnya ku terbangkan hardisk tersebut menggunakan jasa JNE. Untuk progress dari pengembalian hardisk itu sendiri kita akan di beritahu melalui email, seperti saya hari ke 3 sudah mendapat khabar bahwa penggantian di setujui, dan pada keesokan harinya hardisk barus sudah sampai ke rumah tanpa ada harus mengeluarkan biasa lagi.

Thanks a lot of seagate............,, untuk rekan sekalian biasakan membeli hardisk yang original seperti halnya hardisk yang saya beli dengan stiker MFI akan menjamin garansi yang total jika barang tersebut mengalami kendala, jangan membeli hardisk yang berkapasitas besar dan murah yang banyak di jual di online shop tetapi saat mengalami kerusakan kita hanya bisa gigit jari.

No comments:

Post a Comment